Senin, 25 April 2016

QOUL ULAMA SEPUTAR BID'AH : TIDAK SEMUA BID'AH SESAT

1. Dalam kitab I'anah At-Tholibin I / 271 disebutkan :

وقال ابن حجر في فتح المبين، في شرح قوله صلى الله عليه وسلم : من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد، ما نصه: قال الشافعي رضي الله عنه: ما أحدث وخالف كتابا أو سنة أو إجماعا أو أثرا فهو البدعة الضالة، وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة

Berkata Ibnu Hajar dalam kitab Fath Al-Mubin dalam menjelaskan hadits kanjeng Nabi :

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

Beliau berkata : Imam Asy-Syafi'i radliyallah 'Anhu berkata : Perkara baru yang MENYELISIHI Al-Qur'an atau Sunnah atau Ijma' atau Atsar maka itu adalah BID'AH DLOLALAH, dan adapun perkara baru dari perbuatan baik yang TIDAK MENYELISIHINYA maka itu adalah BID'AH MAHMUDAH

2. Fatwa Imam Asy-Syafi'i

قال عبد الله الغماري في كتابه إتقان الصنعة في تحقيق معنى البدعة : (قال الامام الشافعي : "كل ما له مستند من الشرع، فليس ببدعة ولو لم يعمل به السلف، لأن تركهم للعمل به، قد يكون لعذر قام لهم في الوقت، أو لِما هو أفضل منه، أو لعله لم يبلغ جميعهم علم به" اهـ.)

Berkata Syaikh Abdullah Al-Ghumari dalam kitab Itqonus Sun'ah Fit Tahqiq Ma'na Al-Bid'ah : Berkata Imam Asy-Syafi'i "Segala sesuatu yang ada landasannya dari syara' itu bukanlah bid'ah (dlolalah), meskipun ulama salaf tidak pernah melakukannya, karena mereka meninggalkan tidak mengerjakannya (tarku) terkadang karena sebab udzur pada waktu itu, atau kerena ada perkara (amal kebaikan) lain yang lebih utama, atau mungkin belum sampainya semua ilmu pada mereka.

3. Imam Ahmad Bin Hambal menambah doa dalam sholatnya (dalam sujud, waqiila dalam tasyahud akhir)
قال أحمد بن حنبل: هذا الذي ترون كله أو عامته من الشافعي ما بت مدة أربعين سنة أو قال ثلاثين سنة إلا وأدعو الله للشافعي واستغفره له. وفي رواية غير الفضيل: إني لأدعو للشافعي في صلاتي من أربعين سنة أقول: اللهم اغفر لي ولوالدي ولمحمد بن إدريس الشافعي، فما كان فيهم أتبع لحديث رسول الله صلى الله عليه وسلّم منه. وفي رواية: ما أعلم أحداً أعظم منة على الإسلام في زمن الشافعي من الشافعي. وقال أحمد: ما أحد مس بيده محبرة وقلماً إلا وللشافعي في عنقه منة. وقال محفوظ بن أبي توبة: كنا بمكة وأحمد بن حنبل جالس عند الشافعي فحدث ابن عيينة فقال: هذا يفوت وذاك لا يفوت وجلس عند الشافعي وقال أحمد لإسحاق بن راهويه: تعالَ حتى أريك رجلاً لم تر عيناك مثله، وقال أحمد: كان الفقه قفلاً على أهله حتى فتحه الله بالشافعي

Fokus pada kalimat :

وفي رواية غير الفضيل: إني لأدعو للشافعي في صلاتي من أربعين سنة أقول: اللهم اغفر لي ولوالدي ولمحمد بن إدريس الشافعي

Dan dalam riwayat selain Al-Fudlail disebutkan ; (Imam Ahmad Bin Hambal) berkata "Sesungguhnya aku sungguh telah berdoa untuk Imam Asy-Syafi'i dalam sholatku selama 40 tahun, yakni :

اللهم اغفر لي ولوالدي ولمحمد بن إدريس الشافعي

Kitab : Tahdzibul Asma' Wallughot I / 78

Padahal mustahil beliau tidak tahu hadits "sholatlah sebagaimana kamu sekalian melihat aku sholat"

Dalam kaidah ushul, ada kaidah yang berbunyi:

ﺍﻟﺘﺮﻙ ﻻ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ

" Meninggalkan suatu perkara tidak menunjukkan bahwa perkara tersebut sesuatu yang haram".

Contoh :
Doa Imam Ahmad Bin Hambal dalam sholat yang sudah saya jelaskan diatas
Menambah Sayyidina dalam tasyahud sesuai ajaran dalam madzhab Syafi'i
Maulidan
Peringatan isro' mi'roj
Dsb

4. Abdullah bin Umar rodliyallaah 'anhu berkata:

إن المسلم لا يجوز له أن يتجرأ على الحكم بالتحريم الا بدليل صريح من الكتاب او السنة

Seorang muslim tidak diperkenankan baginya untuk berani-berani menghukumi haram kecuali dengan menggunakan dalil sharih dari Al Qur'an atau Sunnnah.

Bila ada dalil pelarangan yang jelas maka sah sah saja
Untuk masalah ini alangkah baiknya kita serahkan kepada yang berkompeten dibidangnya yakni para ulama.

Ilmu ulama salaf dan ulama yang ikut pemahaman mereka adalah ibarat lautan tak bertepi.
Sedangkan ilmu ulama jaman sekarang sudah pasti ada dibawah mereka.

5. Pilihlah pemahaman ulama salaf karena mereka adalah generasi yang lebih baik daripada generasi sekarang Kanjeng Nabi bersabda :

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

“Sebaik-baik manusia adalah masaku, kemudian masa setelah mereka, kemudian masa setelah mereka”.

6. Jangan menghukumi sesuatu kecuali setelah mengetahui asbaabul mashodirnya.

Wallaahu A'lam

Imam Tontowi
66253

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

85. HUJAN SAAT SHALAT JUM'AT DIJALAN

📚🅜🅐🅢🅐🅘🅛 🅢🅐🅝🅣🅡🅘📿 PERTANYAAN Kang santri yang shalat jum'atnya di jalan raya tiba-tiba turun hujan. Apa yang harus dilak...